> Faktor Penyebab Biduran Pada Anak-Anak | Koloklin Capsule Green World

Faktor Penyebab Biduran Pada Anak-Anak


Faktor Penyebab Biduran Pada Anak-Anak,- Biduran bisa terjadi pada siapapun, tidak memandang usia. Bisa terjadi pada anak ataupun pada orang dewasa. Biduran ditandai dengan munculnya bentol merah di kulit anak, tak jarang hal ini membuat orangtua panik. Seringkali muncul secara tiba tiba, menyebar dan tidak diketahui penyebabnya. Kondisi ini apakah berbahaya ? dan bagaimana cara penanganannya jika terjadi pada anak ?

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan urtikaria. Orang sering menyebutnya dengan biduran atau kaligata. Urtikaria merupakan reaksi alergi terhadap suatu pencetus alergen tertentu, pencetusnya ini bermacam macam. Bisa jenis akibat makanan tertentu, makanan luat, kacang atua makanan pengawet, gigitan serangga, akibat bulu hewan, infeksi virus dan juga bakteri, udara dingin dan panas, debu, asap dan lain lain.

Lalu apa saja penyebab biduran atau urtikaria ?

Munculnya biduran atau bilur bilur di kulit ini dipicu oleh tingginya kadar hisstamin dan juga senyawa kimia yang dilepaskan di lapisan bawah kulit, sehingga bisa menyebabkan pembengkakan jaringan. Histamin juga terkadang bisa menyebabkan bocornya cairan plsma dari pembuluh darha, sehingga menyebabkan tertumpuknya cairan atau angiodema.

Berikut ini hal hal yang bisa menyebabkan terjadinya biduran :

  • Paparan udara panas atau dingin
  • Kontak dengan pemicuu atau penyebab alergi misal gigitan serangga
  • Obat obatan terenteu
  • Dan infeksi

Penyebab pasti urtikaria belum dapat dipastikan. Kendati demikian, beberapa faktor juga bisa memperburuk gejala yang ada, di antaranya adalah konsumsi minuman beralkohol atau minuman berkafein, stres, dan suhu udara yang panas.

Biduran atau Urtikaria dan Penyakit yang Menyertai

Beberapa kondisi kesehatan dapat menyertai biduran, dua di antaranya adalah angioedema dan anafilaksis.
Angioedema merupakan pembengkakan pada lapisan kulit yang lebih dalam. Pembengkakan ini biasanya terjadi pada bagian mata, bibir, dan alat kelamin.



0 Response to "Faktor Penyebab Biduran Pada Anak-Anak"

Posting Komentar